Fleet


Frasca 142

Frasca 142 adalah fixed-based Flight Training Device yang digunakan DFS dalam program simulator training bagi siswa tahap PPL, dimana sangat ditekankan prinsip dasar penerbangan dan pembacaan instrument.

 

 

Redbird MCX

Redbird MCX merupakan full motion flight simulator dengan dual control sehingga proses simulator training dapat berjalan interaktif dengan siswa di kursi kiri dan instruktur di kursi kanan, layaknya komposisi pada flight training.

Untuk meningkatkan kualitas para siswa dan sebagai langkah persiapan bagi mereka menghadapi pesawat yang lebih kompleks, DFS menyediakan tiga konfigurasi cockpit yang bisa digunakan sesuai dengan tahap pelatihan.

  • Konfigurasi dengan analog basic six digunakan untuk melatih dasar pembacaan instrument terbang.
  • Konfigurasi dengan Garmin 1000 digunakan untuk melatih prinsip dasar pengoperasian dan penerbangan menggunakan Electronic Flight Instrument System (EFIS)
  • Konfigurasi Piper Seneca digunakan untuk simulator training bagi siswa pada tahap Basic Multiengine

 

 

Cessna 172

Cessna 172 sudah diakui di seluruh dunia sebagai salah satu pesawat yang paling cocok untuk pelaksanaan flight training, dilihat dari isi kehandalan dan ketahanannya. Hingga kini, DFS mengoperasikan 10 unit Cessna 172 yang digunakan untuk pelaksanaan seluruh tahapan flight training

 

 

Cessna 172S

DFS mengoperasikan 1 unit Cessna 172S yang digunakan untuk pelaksanaan flight training tahap CPL+IR. Pengoperasian pesawat ini diperuntukkan sebagai pengenalan dasar penggunaan Electronic Flight Instrument ystem (EFIS), seperti yang biasa digunakan pada pesawat-pesawat modern.

 

 

Piper Warrior II

Sejak tahun 2014, DFS mengoperasikan 4 unit Piper Warrior II yang dipusatkan di training base Palembang. Piper Warrior II ini digunakan untuk menambahkan pengalaman terbang siswa sehingga selain pesawat high wing, mereka juga berpengalaman dengan pesawat low wing

 

 

Piper Seneca III

Armada DFS yang digunakan untuk pelaksanaan pelatihan Basic Multiengine course. Lengkap dengan variable pitch propeller, retractable landing gear, dan karakter unik dari Piper Seneca yaitu tidak memiliki critical engine membuat DFS yakin bahwa Piper Seneca dapat menjadikan pelatihan semakin berkualitas namun tetap aman bagi siswa.